Sabtu, 12 Maret 2011

Percaya Diri


                Percaya diri itu penting tapi jangan terlewat menjadi narsis.  Dan percaya diri itu dinamis, naik dan turun.  Seseorang  yang rasa percaya dirinya sedang turun bisa menjurus pada rasa minder.  Namun pengertian minder  disini bukan kurang pergaulan.  Banyak hal yang mengakibatkan timbulnya rasa “minder” atau tidak punya rasa percaya diri. Kebanyakan yang namanya “minder” itu identik dengan perempuan, walaupun sebenarnya semua orang bisa memilikinya.  Percaya diri yang benar adalah suatu perasaan dimana seseorang merasa tahu siapa dirinya, sehingga dia bisa bersikap sesuai dengan kemampuannya.  Inilah yang sering tidak dipahami oleh banyak orang, orang sering mengidentikan kalau mempunyai fisik yang baik adalah modal untuk percaya diri dimanapun.  Padahal, seharusnya tidak seperti itu semua orang bisa mempunyai rasa percaya diri kalau ia tahu bagaimana dia bisa menempatkan dirinya dan dia juga bisa meyakinkan dirinya kalau dia juga bisa melakukan hal yang orang lain lakukan.
            Tips menumbuhkan rasa percaya diri:
1.      Menumbuhkan Keyakinan Diri.
Yakin akan yang kita miliki adalah sebuah modal yang besar untuk percaya diri.  Dan apabila kita yakin dengan diri kita sendiri aura positivpun akan muncul sendiri dan inilah yang membuat kita nyaman dengan diri kita sendiri.
2.      Mandiri.
Mandiri disini adalah mandiri bersikap yaitu juga tidak bergantung dengan pemikiran orang lain, tapi bukan berarti tidak mau mendengarkan.  Apabila yang orang lain katakan bersifat menjatuhkan rasa percaya diri kita, yah buat apa kita dengarkan.  Tetapi, apabila orang lain mengatakan dengan maksud mengintropeksi maupun memberi saran, itulah yang harus kita dengarkan.
Memperbaiki Penampilan.
Tidak dipungkiri orang yang mempunyai penampilan yang baik dan menarik mempunyai rasa percaya diri yang lebih.  Karena memang inilah poin plusnya.  Tetapi penampilankan bisa dibuat, dan kalau begitu tidak ada alasan untuk tidak memperbaiki penampilan menjadi baik dan memeliharanya juga.
3.      Mempunyai Banyak Teman.
Bergaul memang bisa dengan siapa saja, tapi mencari teman berbincang tidak semudah yang dibayangkan.  Teman yang baik adalah teman yang memberikan keuntungan buat kita, tidak secara materi melainkan wawasan dan pengetahuan.  Dalam berteman pun kita harus mempunyai sikap, tanpa harus menutup diri terhadap teman yang lain.  Carilah teman yang bisa memberikan masukan, wawasan dan pengetahuan bagi kita.
4.      Mempunyai Citra yang Baik.
Tampilkan kelebihan yang ada di diri kita. Karena peningkatan diri itu perlu, baik dari segi pengetahuan ataupun wawasan.  Dan dari itu semua citra yang baik akan muncul sendiri di diri kita.
5.      Mengenal Lawan Bicara.
Mengenal lawan bicara adalah hal yang penting, kita harus mengetahuinya untuk mengetahui kekuatan dan kelemahannya.  Cara yang bisa dipakai untuk mengenal lawan bicara dan kita bisa dihargai, adalah dengan mengembangkan apa yang menjadi kekuatan dan kelebihan kita secara maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar