Rabu, 09 Maret 2011

Kebijakan Moneter


            Kebijakan moneter adalah semua kebijakan pemerintah ( Bank Sentral ) yang  mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat untuk menjaga kestabilan nilai uang yang ada.  Secara umum, kebijakan moneter adalah tindakan pemerintah untuk mempengaruhi situasi makro melalui pasar uang.  Sedangkan secara khusus, kebijakan moneter adalah tindakan makro pemerintah dengan cara mempengaruhi proses penciptaan uang.  ( Boediono,2001 ).  Kebijakan moneter dibagi menjadi dua golongan yaitu kebijakan moneter kuantitatif dan kebijakan moneter kualitatif.
       I.            Kebijakan Moneter Kuantitatif.
Kebijakan moneter kuantitatif adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah ( Bank Sentral ) untuk mempengaruhi jumlah penawaran uang dan suku bunga dalam perekonomian.  Langkah penawaran uang yang ditambah akan menurunkan suku bunga dan akibatnya terjadi perkembangan kegiatan ekonomi sehingga tingkat kesempatan kerja menjadi lebih tinggi dan penganggguran pun akan berkurang.  Selain penawaran uang yang perlu ditambah, pengeluaran agregat perlulah dikurangi sehingga terdapat keseimbangan antara pengeluaran dalam ekonomi dengan jumlah penawaran barang-barang.
Kebijakan moneter kuantitatif dibedakan menjadi tiga tindakan, yaitu:
a)      Operasi Pasar Terbuka.
Operasi pasar terbuka adalah cara mengendalikan uang yang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah (government securities).  Agar operasi terbuka ini menjadi sukses, haruslah ada dua keadaan dalam perekonomian.  Keadaan-keadaan tersebut adalah:
·         Bank-bank perdagangan tidak memiliki kelebihan cadangan.
·         Tersedia cukup banyak surat-surat berharga yang dapat diperjualbelikan.
b)      Fasilitas Diskonto (Discount Rate).
Fasilitas diskonto adalah pengaturan jumlah uang yang beredar dengan memainkan tingkat bunga bank sentral pada bank umum. Bank umum kadang-kadang mengalami kekurangan uang sehingga harus meminjam ke bank sentral. Untuk membuat jumlah uang bertambah, pemerintah menurunkan tingkat bunga bank sentral, serta sebaliknya menaikkan tingkat bunga demi membuat uang yang beredar berkurang.

c)      Rasio Cadangan Wajib (Reserve Requirement Ratio).
Rasio cadangan wajib adalah mengatur jumlah uang yang beredar dengan memainkan jumlah dana cadangan perbankan yang harus disimpan pada pemerintah.  Jadi, apabila bank sentral melihat jumlah uang yang beredar sudah terlalu banyak, bank sentral akan menaikkan ketentuan cadangan wajib.  Akibatnya, dana yang akan dipinjamkan berjurang sehingga jumlah uang beredar berkurang.

    II.            Kebijakan Moneter Kualitatif.
Kebijakan moneter kualitatif adalah kebijakan pemerintah ( Bank Sentral ) yang bertujuan mengawasi bentuk-bentuk pinjaman dan investasi yang dilakukanoleh bank-bank perdagangan.  Tujuan utama kebijakan ini bukanlah untuk mengawasi perkembangan penawaran uang, tetapi untuk mempengaruhi jenis-jenis pinjaman yang diberikan institusi keuangan.  Ini memungkinkan bank sentral menggalakan pertumbuhan ekonomi ke arah yang diharapkan.
Kebijakan moneter kualitatif biasanya dibedakan menjadi du jenis, yaitu:
a)      Pengawasan Pinjaman Secara Terpilih.
Bank sentral melakukan pengawasan agar pinjaman dan investasi yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dan keinginan pemerintah.  Hal ini dilakukan terutama untuk mengendalikan dan mengawasi corak pinjaman dan investasi yang dilakukan oleh bank-bank.
b)      Imbauan Moral.
Imbauan moral yang dilakukan oleh bank sentral adalah dengan menganjurkan bank-bank untuk melakukan penyesuaian dalam mengalokasikan dananya.  Dengan demikian, keadaan yang diharapkan pemerintah dapat tercapai.

( Referensi : Sadono Sukirno; Makro Ekonomi: Teori Pengantar ( edisi ketiga ) )
(  Referensi: Manusia dan Perilaku Ekonomi; Endro Sariono dan Slamet Subekti)

1 komentar:

Eriani Desi mengatakan...

i Mrs Eriani dari Surabaya, Indonesia, saya menggunakan meduim untuk menginformasikan saudara-saudara bagaimana saya mendapat pinjaman dari ibu yang baik ketika anak saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal saya tidak punya uang semua orang menolak saya saya, bank saya regetted saya sampai paman saya memperkenalkan saya ke ibu yang baik Gabriella, dia memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya tanpa collataral dengan tingkat bunga hanya 2%, shes kuman saver jiwa mungkin Tuhan terus memberkati dia untuk pekerjaan baik dari nya, jika Anda membutuhkan pinjaman atau bantuan keuangan untuk melunasi utang Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda saya akan mendorong Anda untuk menghubungi ibu yang baik di perusahaan emal gabriellaeleanorloanfirm@gmail.com Anda selalu dapat menghubungi saya untuk saran pada guidlines pada pribadi saya email di erianidesi41@gmail.com

Posting Komentar