Jumat, 11 Februari 2011

Pengertian Softskill

Menurut saya softskill adalah suatu sikap dan keterampilan dari diri seseorang, dimana sikap dan keterampilan itu menunjang dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam kompetisi pekerjaan maupun keberadaannya dalam berorganisasi. Melalui softskill inilah keberadaan kita bisa sangat berpengaruh dalam masyarakat. Bagaimana tidak, seseorang yang mempunyai kemampuan berkomunikasi, mudah beradaptasi, dan menghormati orang lain yang lebih rendah tingkatannya dibandingkan dengannya pasti sangat dihormati dan sangat dihargai oleh lingkungan disekitarnya. Dan itulah salah satu manfaat dari kemampuan softskill yang kita miliki. Salah satu dari kemampuan softskill yang lain adalah toleransi dalam beragama contoh: saya sebagai seorang muslimah disaat waktunya shalat, teman saya yang kristiani yang justru mengingatkan saya, dan saya juga disaat dia mengikuti rokris padahal kami sedang mengerjakan tugas,saya pun memakluminya. Dari situlah saya belajar bahwa kita harus memiliki toleransi beragama yang tinggi karena kalau tidak akan banyak kesinggungan-kesinggungan yang akan terus terjadi. Terbukti, sekarang masih terjadinya pergolakan yang terjadi di Timur Tengah. Padahal, semua itu bisa selesai kalau semua negara mampu bersikap adil, tidak serakah,dan juga menghargai kepemilikan negara lain. Dari sini bisa dilihat bahwa softskill sangat penting sekali dimiliki untuk kehidupan, dalam mencapai kesuksesan maupun dalam mencapai ketentraman dan kerukunan antar manusia.

0 komentar:

Posting Komentar