Minggu, 01 Juli 2012

Saat Bersama


          Dalam hidup ini kita tidak bisa hidup sendiri karna hakikat seorang manusia adalah makhluk sosial yang harus memiliki teman dalam hidupnya. Adakalanya aku merasa hidup ini akan lebih baik jika hanya aku yang ada. Tak ada orang yang memarahiku jika berbuat salah, tak ada orang yang menekanku untuk melakukan hal ini dan itu, tak ada orang yang membaweliku saat aku melakukan sesuatu, tak ada orang yang membuat hatiku kesal karna perlakuan menyebalkannya padaku. Memang kadang menyenangkan seperti itu, dimana kau bisa memiliki kedamaian hati dari hiruk pikuk dunia luar yang membuatmu  tertekan. Tapi, aku harus berpikir ribuan kali kalau benar-benar ingin hidup sendiri. Siapa yang akan menolongku ketika sakit? Siapa yang akan memberitahuku jika salah?(apa aku harus berlaku salah terus menerus) siapa yang akan memberikan hiburan saat aku sedih? Dan masih banyak pertanyaan lagi yang harus ku jawab apabila ingin hidup sendiri.
          Dan sampai akhirnya aku sadar, aku membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup ini. Baik seseorang yang baik maupun jahat. Seseorang yang baik akan menghiburku saat sedih, seseorang yang akan mendengarkan setiap celotehanku, seseorang yang memberikan tangannnya untuk mengangkatku dari kejatuhan, sangat menyenangkan memiliki teman-teman seperti itu. Semua masalah yang ada akan terselesaikan saat kita bersama, tak ada kesedihan saat kita bersama, dan saat kita bersama juga kita saling menguatkan satu sama lain dalam mengarungi tuntutan hidup ini.
          Lalu, bagaiman peran orang jahat dalam kehidupan kita? Bukankah mereka orang yang mengusik kebahagiaan kita? Orang yang selalu menganggu di keseharian kita? Orang yang kadang membully kita? Ya benar, kadang orang-orang yang seperti itu lebih baik lenyap saja dari bumi ini. Tapi, kalau tidak ada orang jahat tidak ada juga orang yang bisa dikatakan baik, karena semua orang melakukan hal yang sama. Peran orang jahat sangat banyak bagi kehidupan ku, saat dia mengusik kebahagiaanku saat itulah aku belajar arti sabar, saat dia menganggu dan membullyku saat itulah aku belajar akan keberanian untuk melawan. Jadi, orang jahat itu juga memiliki peran untuk membangun kepribadian kita agar lebih baik.
          Hidup ini akan terasa lebih baik ketika semua berjalan beriringan, ada yang berperan sebagai penguat ketika yang lain sedang lemah, ada yang memberikan pertolongan ketika ada yang membutuhkan, ada yang menghibur ketika ada yang bersedih, ada yang menganggu ketika ada yang ingin belajar tentang arti keberanian, ada yang menjatuhkan ketika ada yang ingin tahu siapa yang setia berada dibelakangnya untuk membantu. Itu semua akan mewarnai hidup kita, apabila kita bisa mengarungi semuanya dengan baik akan tercipta kehidupan yang aman dan bermakna dalam, tidak hanya memisahkan yang baik dan yang buruk tapi merangkul semua menuju jalan yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar